Hanya Di Sini Yang Paling Murah

Bisa COD Gan !

Terbukti Paling Murah !

Cuci Gudang Semua Perlengkapan Rumah Tangga

Lazada Indonesia

Alamat dan Penjual Grosir Batu Permata, Batu Mulia, Batu Akik Di Indonesia


Maraknya penjual batu permata, batu mulia dan batu akik di indonesia belakangan ini, mendorong bisnis di bidang ini mulai menjamur, sehingga bermuculan pusat - pusat Grosir penjualan batu mulia di berbagai pasar tradisional sampai dengan pasar moderen bahkan sudah merambah ke pasar online, salah satunya adalah toko online terbesar di indonesia yang juga menjual batu permata dengan harga yang sangat terjangkau dan kwalitas barang yang telah teruji serta terjamin, jika anda masih awam dengan dunia batu permata, sebaiknya ada mencoba membeli disini, karena toko online ini sudah terpercaya di seluruh dunia, dibandingkan anda harus ke pasar tradisional dengan resiko yang lebih besar mendapatkan barang yang berkwalitas kurang baik atau bahkan palsu. hal ini di karenakan Indonesia merupakan pasar batu permata terbesar dunia setelah Tiongkok alias China sekaligus produsen berbagai batu permata terbaik dunia yang potensinya belum tergarap optimal. Banyak batu mulia asli Indonesia sudah banyak yang menembus pasar internasional, misalnya di Jepang batu mulia kalimaya black oval asal Banten dijadikan mahar perkawinan Sejumlah batu permata asli Indonesia yang menjadi primadona dunia --bahkan beberapa di antaranya terbaik di dunia-- adalah kalimaya banten, lumut giok aceh, sunge dare sumatera barat, aki edong, baturaja, dan batu bacan.
.

Ada ribuaan Koleksi Jenis Batu permata dan akik yang di jual di online, anda bisa lihat spesifikasi dan daftar harga pasarannya, untuk info lengkapnya silahkan anda --->  KLIK DI SINI




Atau  Di --> SINI



Atau Juga Bisa Di --> SINI




Cek Info Promo Batu Akik Murah Hari ini ---> Di Sini


Atau Di
--> SINI





Cek Info Jadwal Promo Batu Akik --->  DI SINI




di bawah ini contoh Batu - batu mulia dan akik yang di jual Toko online di Lazada dengan kwalitas yang baik dan terjamin keasliannya.



Selain di toko on line lazada, kami juga merekomendasikan bagi anda para pecinta batu mulia dan batu akik untuk bisa berbelanja langsung ke sentra penjualan grosirnya berikut ini :

1. Pusat Grosir Batu Mulia Jakarta Gems Center

Jakarta Gems Center (JGC). Di sini lah pusatnya batu mulia dan batu aji yang akan menjadi surga bagi penggemar batu akik untuk menambah koleksi mereka  berada di Jalan Raya Bekasi Barat, Rawa Bening, Jatinegara, Jakarta Timur. "Lokasi Jakarta Gems Center ini sudah ada sejak 41 tahun lalu," ungkap Junaidi. Menurut dia, pada awal berdiri pada tahun 1974 pusat batu akik ini bukan bernama JGC, melainkan bernama Pasar Rawa Bening. Belakangan ini Batu akik menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia, mau pun internasional tak peduli tua ataupun muda, pria ataupun wanita, bagi para penggemar batu akik, kawasan Jatinegara, Jakarta Timur, mungkin menjadi salah satu lokasi yang wajib didatangi oleh penggemar batu akik tersebut. Saat itu, Pasar Rawa Bening sama seperti pasar-pasar tradisional lainnya terdapat 21 jenis usaha. Seperti sembako, tekstil, obat, batu mulia dan lainnya.

Setelah  12 tahun tepatnya tahun 1986, lambat laun para pedagang batu mulia semakin banyak berkumpul di area parkir Pasar Rawa Bening untuk membuka lapak dagangannya. "Mereka itu buka lapak di depan-depan pinggir jalan hampir sama seperti sekarang hanya tidak terlalu banyak jumlahnya. Pengelola pasar kemudian melakukan penataan dengan memindahkan pedagang batu akik ke dalam. Tujuannya agar semakin tertata, apalagi pada masa itu masih sangat sepi peminat batu akik. Di sinilah menjadi konsep awal bursa batu. Pedagangnya saat itu 500-an orang dengan 30 orang perajin batu," jelasnya. Memasuki tahun 1989 hingga 2003, pasar batu mulia di Rawa Bening ini sudah mulai berkembang. Dari 21 jenis usaha setelah dievaluasi, maka disusutkan menjadi enam jenis usaha. Di antaranya batu aji, logam mulia, pengasahan, penggosokan batu, obat-obatan, ikan hias, makanan dan minuman. Setelah disetujui, proses renovasi dimulai. Bangunan lama pun  dihancurkan dan dibuat bangunan baru yang lebih modern. Pembangunan selesai pada tahun 2010, gedung baru Pasar Rawa Bening pun memiliki nama baru Jakarta Gems Center. Saat ini jumlah pedagangnya mencapai ribuan. Sedangkan perajin batu mencapai 300 orang," terangnya. Jakarta Gems Center kini menjadi pusat batu mulia dan batu aji kedua terbesar di Asia Tenggara.

2. Pasar Segiri dan Pasar Kedongdong  Sentra Batu Permata Serta Batu akik di Samarinda 

Pasar Segiri Grosir dan Kedondong Kini Jadi Sentra Akik di samarinda Menjamurnya usaha batu mulia di Samarinda bikin Pemkot Samarinda bergerak cepat untuk mengakomodir semua pedagang ataupun perajin batu mulia di Samarinda. Pemkot juga sudah sediakan tempat yang representatif untuk pedagang batu mulia. Berkerja sama juga dengan Pasar Segiri Grosir, pemkot meletakkan sekurang-kurangnya 40 pedagang yang tempati kios di pasar itu. Diluar itu, dalam peresmiannya hari ini, pihak pengelola pasar tak membebankan bayaran sewa untuk beberapa pedagang. Bukan sekedar ada di pasar Segiri Grosir, pedagang batu mulia juga diletakkan di pasar Kedondong. Pada pasar itu ada seputar 50 pedagang serta perajin batu mulia. Ada dua pasar yang jadikan sentra penjualan batu mulia. Karenanya ada sentra penjualan batu mulia ini, diinginkan makin mendongkrak perekonomian warga terutama pedagang, Dinas Pasar juga tengah berusaha untuk memindahkan pedagang batu mulia yang ada di Pasar Pagi, yang terdapat di Jalan Gajah Mada. Lantaran jumlah pedagang batu mulia di pasar itu jumlahnya cukup banyak.

3. Sentra Batu Mulia di Pacitan Gemstone

Inilah daerah yang sudah pasti akan diingat oleh para pecinta batu mulia di Jogjakarta mungkin juga di Indonesia ketika menyebut kata "akik" adalah Pacitan. Sebuah kabupaten yang memiliki kontur tanah bergunung-gunung. Daerah penghasil Batu mulia ini juga merupakan tempat kelahiran Presiden SBY. Ketika saya memasuki perbatasan antara Wonogiri dan Pacitan, saya melihat poster baliho besar sekali dengan foto Bapak Presiden  SBY , berbunyi "selamat datang di tempat kelahiran SBY" kurang lebih seperti itulah. Namun, kebesaran nama SBY tidak mampu membawa kesejahteraan para pengrajin batu akik di daerah ini. Saya bertemu dan sedikit ngobrol dengan beberapa pengrajin batu akik dari daerah Donorejo, Pacitan. Yang saya dengar, kebesaran nama batu akik Pacitan ternyata sudah hampir menjadi sejarah. Dulu mulai dari tahun 60-an banyak yang menggantungkan hidup pada hasil produksi batu akik, tapi sekarang tinggal segelintir orang yang masih bertahan. Daerah pegunungan dan sungai di perbukitan Pacitan merupakan sumber berbagai jenis batu Agate seperti chalcedony, onyx, sardonyx, jasper, carnelian, dll. Para kolektor batu banyak yang mengincar batu agate gambar dengan kualitas bagus dari para pengrajin batu akik Pacitan. Batu natural Crystal dari daerah ini juga lumayan besar-besar dan bening. Salah satu ciri khas dusun Donorejo adalah nama jalan yang unik. Setiap gang di dusun itu dinamai dengan nama jenis batu mulia kelas dunia. Walaupun batu-batu mulia seperti Emerald, Turqoise, atau Safir tidak ditemukan di daerah ini. Yang tidak saya temukan adalah nama Akik, mungkin mereka lupa menamai salah satu gang sesuai produksi utama mereka. Peralatan asah batu di dusun ini lumayan lengkap (lebih lengkap dari bengkel di Jogja). Saya datang ke beberapa bengkel, kebanyakan mereka mempunyai pemotong batu yang lumayan besar, mampu memotong batu keras dengan sempurna. Hasil asahan batu akik di dusun ini pun luar biasa halus dan mantap. Namun sayang, kendala pemasaran dan promosi sungguh minim! Dulu pemerintah daerah Pacitan membentuk sebuah wadah perkumpulan perajin batu akik, namanya UBIBAM (Unit Bina Industri Batu Mulia).

4. Sentra Batu Akik di Jampang Pasar Parung Bogor

Pameran Batu akik di Jampang Pasar Parung menjadi ajang lelang bagi produk-produk terbaik dari para pengrajin  Beberapa pengrajin Sentra Batu Akik mengikuti Batu Mulai Expo yang diselenggarakan di ATC Pasar Parung. Pameran yang ramai oleh pengunjung khususnya peminat batu akik dan batu mulia ini diikuti oleh sejumlah pengrajin batu akik dari berbagai wilayah tersohor di Jadebotabek. Pda pameran ini Sentra Batu Akik Jampang memamerkan produk unggulannya berupa Batu Jampang dan batu-batu lain yang menjadi koleksinya. batu akik dan batu mulia yang dipamerkan oleh Sentra Batu Akik Jampang telah mendapat sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak independen yang memberi pengesahan terhadap batu-batu yang diproduksi oleh para pengrajin di Sentra Batu Akik Jampang. Pameran ini juga menjadi ajang lelang bagi produk-produk terbaik dari para pengrajin. Batu-batu ini selain diolah dengan kualitas yang baik juga merupakan produk masyarakat yang hasilnya juga dapat dinikmati para pengrajin di Sentra Batu Akik Jampang. Tidak seperti industri lain yang tak berbasis pemberdayaan, panjualan batu cincin ini tak hanya menguntungkan tengkulak. Sentra Batu Akik Jampang adalah kelompok pengrajin yang dengan industri ini akan dapat meningkatkan pendapatan keluarga. Inilah kelebihan membeli batu mulia dari Sentra Batu Akik Jampang. Jampang mengikuti pameran batu akik di ATC Pasar Parung. Pameran ini dimanfaatakan oleh para pengrajin Sentra Batu Akik Jampang untuk memamerkan produk-pruduk terbaiknya kepada masyarakat. Sejumlah batu baik dari Jampang maupun batu mulia lainnya menjadi unggulan yang ditampilkan oleh Sentra Batu Akik Jampang. Di antara batu yang ditampilkan sebnagai unggulan adalah Batu Jampang yang terkenal dengan warnanya yang kemerahan menyerupai warna hati ayam.
Pameran yang akan berlangsung selama 2 minggu ini diharapkan dapat mempermudah panggemar batu mulia dan batu akik untuk dapat menikmati pilihan terbaik dan harga-harga diskon dari para pengrajin Sentra Batu Akik Jampang. Pada saat pameran ini pula pengunujung dapat melihat pengolahan batu sehingga menjadi batu mulia yang indah. Sentra Batu Akik Jampang yang berpusat di Desa Jampang kawasan Parung Bogor ini memang telah bertkembang menjadi pusat batu akik dan batu mulia yang terkemuka di Indonesia. Peminat batu mulia dan batu akik banyak melakukan kumjungan untuk sekedar melihat, membeli atau mengolah batu atau melakukan wisata. Beberapa pihak juga mulai ikut peran serta dalam usaha masyarakat ini. Direktur Insitut Inovasi Sosial Indonesia (INSOS) Arifin Purwakananta menyatakan gagasan Sentra Batu Akik Jampang adalah untuk membangun upaya pembangunan ekonomi warga Jampang melalui klaster industri. Industri batu mulia dan batu akik tidak dapat dipandang remeh karena ia mampu mengungkit pendapatan warga pengrajin dengan menarik devisa pemberi dari berbagai wilaha khsususnya Jadebotabek. "Dengan memantik klaster ini melalui pemetaan modal sosial dan pemahaman kepada warga lainnya akan potensi usaha serta ditetapkannya agent of change sekaligus koordinator usaha dari kelompok mereka sendiri, Sentra batu Akik jampang ini dapat didiring untuk makin berkembang.

5. Sentra Batu Akik di Garut Dan Bandung

Ada batu akik Garut yang memiliki harga hingga Rp200 juta. Batu akik itu biasanya berwarna hijau asal Gunung Bungbulang. Para konsumen luar kota maupun luar negeri sangat memburu batu ini. Seiring naiknya pamor batu akik asal Garut, kini batu hijau Garut sudah mulai banyak dipalsukan. Akan tetapi, para konsumen batu kini sudah mulai cerdas bagaimana membedakan baru asli Garut dengan yang palsu. Selain batu hijau, batu asal Garut ternyata banyak jenisnya, seperti batu panca warna yang memiliki lima warna yang indah, batu hijau lumut yang tampak seperti lumut di dalam batu dan batu lainnya yang berasal dari gunung yang ada di Garut. Hingga saat ini, pamor batu Garut makin terus menanjak seiring dengan tingginya peminat dan pemburu koleksi batu antik yang datang dari berbagai daerah di tanah air. Di Garut sendiri, gairah terhadap bisnis batu akik saat ini sedang berada di atas angin. Hampir sejumlah lokasi terdapat pengrajin atau orang yang membuka usaha jasa pembutan baru akik maupun tepat penjulannya. Ketertarikan pada jenis. usaha ini tentu saja sangat beralasan mengingat pamor batu Garut yang sedang memuncak menjanjikan harga yang gila-gilaan. Bahkan imbasnya pada pemoles batu, ada pemoles yang sampai mendapat Rp1 juta per hari atau sekitar Rp30 juta per bulan untuk jasanya memoles batu akik

Disekitar Kebon Kalapa pun kini banyak penjual batu akik dadakan, seperti di depan Gang Ijan (perempatan Jalan Otista - Jln. Pungkur hingga ITC).Seiring demam batu akik di masyarakat saat ini, suasana pusat perdagangan batu akik di beberapa titik di Bandung yang biasanya hanya didatangi kalangan penggemar batu akik, saat ini banyak didatangi masyarakat umum yang mulai tertarik. Salah satu tempat yang menjadi pusat jaul-beli batu akik adalah di ITC Kebon Kalapa, Kota Bandung. Lokasinya di lantai II ahir-akhir ini suasana pun lebih meriah, para pembuat cincin khusus batu akik (watang) dan para penggosok batu akik pun kebanjiran order.  Di ITC terdapat puluhan pelaku usaha batu alam hias yang siap melayani keinginan para pencinta batu akik dan batu mulia. Sekadar informasi, Pusat Batu Akik di ITC telah ada sejak pusat perbelanjaan itu mulai beroperasi. Sebelumnya, penjual batu akik biasanya berjualan di pinggir Jalan Dalem Kaum, atau Otto Iskandar Dinata. Di sini termasuk paling lengkap mulai dari penjual batu akik dan batu mulia, perajin batang, atau cincin, dan pemoles batu.Kebanyakan batu akik yang dijual di ITC berasal dari daerah Jawa Barat seperti Sukabumi, Garut, Sumedang, dan Banten. Batu lokal tersebut, biasanya berjenis kecubung, tapak jalak, Garut tosca, dan agate. Sejak peminat batu hias melonjak, tingkat kunjungan ke Pusat Akik ITC pun melonjak cukup drastis. Mulai dari yang ingin berburu batu, membuat cincin dan liontin, hingga memoles batu akik, agar terlihat lebih cantik. Jika Anda penggemar batu akik yang berada di Bandung Selatan, cobalah sekali-kali lewat ke Jalan Bojongsoang. Habis pertigaan ke Dayeuhkolot, belok ke arah jalan Jembatan Citarum. Sebelum Borma Bojongsoang (depan perumahan GBA 1), di sana ada tempat penjual batuk akik plus tukang polesnya Sebenarnya beberapa tempat lainnya banyak penjual batu akik. Dari dari Jalan Cilaki yang terkenal dengan sentra barang antik, Jalan Cicadas, Jalan Astana Anyar - Tegallega, kawasan Jalan Ujungberung, Jalan Soekarno-Hatta, dan lokasi-lokasinya. Pokoknya cirinya mereka berjualan biasanya ngampar di pinggir jalan.


Fenomena Batu Akik Indonesia Di Indonesia hampir semua mantan Presiden Indonesia adalah pemakai batu cincin. Mulai dari Presiden Soekarno, Soeharto, Gus Dur, sampai mantan Presiden keenam Indonesia, SBY. Begitu pula para pejabat negara tak ketinggalan.  Belum lagi dari pejabat hingga artis-artis Indonesia banyak yang menjadi kolektor batu akik. Mulai dari Presiden Soekarno dan Soeharto sama-sama memakai batu merah delima yang dalam bahasa latin disebut rubi. Presiden B.J Habibie pemakai batu berlian, Gus Dur dengan batu jamrud hijau, Megawati memakai black safir, dan SBY disebut menggunakan batu biduri kucing (cat's eye) dan bacan. Entah benar atau tidak, kabarnya waktu itu SBY memakai batu bacan sebagai hiasan di jarinya. Bahkan kabarnya juga, batu bacan ini dihadiahkan SBY kepada tamu negara antara lain Presiden AS, Obama. Di pasar internasional harga batu akik asal Indonesia tak bisa dianggap sebelah mata. Batu jenis Dragon Agate misalnya dijual US$ 250 ribu. Batu Gartut Ohen seberat 1 kilogram dihargai Rp 800 juta. Batu Sun Go Kong di kisaran Rp 1 miliar, sama seperti harga batu quartz Fosil Kapal. Batu mulia panca warna yang dipakai Pangeran Charles berasal dari Garut, Provinsi Jawa Barat yang disebut edong. Sedangkan batu yang dipakai Barack Obama berasal dari Halmahera. Selain itu, batu Kalimaya Black Opal yang telah dijadikan mahar perkawinan di Jepang, juga berasal dari Indonesia tepatnya dari Banten. Kini, harga jasa gosok batu akik atau batu permata dari mentahan hingga mengkilat tarifnya puluhan ribu per buah. Harga batu akik pun melambung dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas dan jenis batu akik. Batu akik adalah batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Ada ragam jenis batu akik yang biasa diperjuabelikan. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan. Raja-raja China di masa lalu memakai batu giok sebagai perhiasan dan untuk menambah kewibawaannya. Di China pula, ada tradisi meminum bubuk batu giok untuk kesehatan karena giok kaya akan mineral. Kini Kementrian Keuangan memperluas obyek pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) barang mewah. Batu akik termasuk obyek yang akan kena pajak. Kementrian Keuangan memperluas obyek pemungutan Pajak Penghasilan (PPh) barang mewah. Batu akik termasuk obyek yang akan kena pajak.Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 253/PMK.03/2008.

6. Pasar Kayoon Sentra Grosir Batu Mulia di Surabaya
Pasar Kayoon di Kota Surabaya, Jawa Timur adalah  salah satu Sentra Grosir Batu Mulia di Surabaya silahkan anda menyempatkan diri berburu aneka perhiasan batu mulia. Pusat penjualan batu mulia di Kota Pahlawan bisa Anda temukan di Pasar Kayoon. Di pasar ini, Anda bisa menjumpai aneka batu mulia, seperti zamrud, rubi, merah birma, akik, dan safir. Pasar ini berada di tengah Kota Surabaya, tidak jauh dari gedung Balaikota Surabaya. Butuh waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Bandar Udara Juanda untuk sampai ke lokasi tersebut. Patokannya, di sisi kiri Jalan Kayoon ada gerbang selamat datang yang bertuliskan "Pusat Batu Permata Pasar Kayoon". Nah, sederet dengan gerbang selamat datang itu ada juga pusat penjualan tanaman hias, bunga, dan akuarium.

Sentra Grosir Batu Mulia di Surabaya , Khusus lokasi pusat penjualan batu mulia, posisinya dari pinggir Jalan Kayoon agak masuk sedikit ke dalam. Berdiri sejak tahun 1990-an, pusat penjualan batu mulia ini diramaikan sekitar 75 pedagang. Pasar ini cukup nyaman buat berbelanja karena udaranya cukup sejuk. Soalnya, tempat ini dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi sehingga cukup rindang. Selain itu, di belakang pertokoan juga ada aliran sungai yang cukup besar. Bagi Anda yang berkunjung dengan membawa kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil, Anda bisa parkir di depan pasar. Tidak perlu takut kehilangan kendaraan karena banyak tukang parkir yang berjaga. Tidak sama dengan lokasi batu permata lainnya, rata-rata para pedagang di sini baru membuka tokonya pada pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. "Tokonya, sih, memang cuma 30, tapi yang jual sampai 75 orang," kata Syamsul Huda, seorang pedagang batu mulia di Pasar Kayoon. Kendati ukuran rata-rata  kios batu permata ini tidak  besar, tapi koleksi batu permata yang mereka jual cukup lengkap. Anda bisa menemukan hampir semua jenis batu mulia dan batu perhiasan lainnya. Harga yang ditawarkan para pedagang berbeda-beda, harga jual batu mulia mulai dari Rp 200.000 sampai jutaan rupiah.

7. Sentra Grosir Batu Bacan di Makasar

Siapa yang tidak kenal dengan batu Bacan dari  Makassar apalagi Permata atau batu mulia, saat ini digandrungi segala usia. Khususnya di Kota Makassar, berbagai bentuk permata dikejar para kolektor dan pecintanya. Harganyapun berfariasi. Khusus Batu Permata asal Pulau Bacan, Palamea, Pido dan Pulau Obi, Ternate, Kepulauan Maluku Utara ini, terbilang mampu mampu menarik hati pemakai batu permata. “Kalau mau melihat prospek bisnis batu permata ini, memang permata jenis Bacan, peminatnya sangat banyak. Batu mulia ini mampu menggeser penjualan batu safir Cylon asal Srilangka yang terkenal berharga sangat tinggi. Demikian halnya di pusat penjualan batu mulia di Kawasan Sentral Jaya, Makassar, para pedagang di pasar yang terletak tak jauh dari Pasar Sentral ini, kerap didatangi pelanggang yang mencari batu permata Bacan. Kalau bacan kristal, baik Bacan Doko maupun Palamea, sangat dikejar pemakai maupun kolektor batu permata. Harganyapun berpariasi mulai Rp.1,5 juta hingg Rp.20 juta,” Sementara itu para pecinta maupun kolektor batu mulia di kota ini mengaku, keindahan batu Bacan itu memang lain daripada batu mulia lainnya.Batu permata yang biasanya digunakan sebagai aksesories cincin, terbukti memiliki peminat yang banyak khususnya di Makassar, sehingga mereka nantinya tidak kesulitan untuk mencari tempat penjualan batu permata dan langsung bisa berkonsultasi dengan komunitas gemstone di Mal GTC Metro Tanjung Bunga Makassar, Gemstone Market.Pusat penjualan batu permata ini terletak di lantai 2  Mall GTC Makassar dan diisi oleh puluhan tenant yang ada. Gemstone Market sendiri merupakan gagasan dan kerjasama antara Komunitas Makassar Gems Lover (Magello) yang merupakan komunitas pecinta batu permata di Makassar dengan pihak pengelola Mall GTC Makassar.

8.  Pusat Grosir Batu Mulia di Martapura Kalimantan Selatan



Seperti yang kita ketahui di peta nusantara bahwa kota Martapura merupakan ibukota Kabupaten Banjar yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan Sampaisaat ini kota Martapura adalah sebuah kota penghasil intan terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di wilayah Martapura dan sekitarnya terdapat banyak penambangan intan dengan jumlah produksi mencapai 25.093 ton per tahun. Selain itu intan dan berlian di Martapura memiliki kualitas yang baik sehingga menjadi tempat berburu intan bagi para artis, kaum sosialita dan orang-orang berduit di negeri ini. Sejak tahun 1950 hingga sekarang, pedagang intan tradisional tetap melakukan transaksi jual beli di kota yang dulunya bernama Kayutangi, ibukota Kesultanan Banjar di masa pemerintahan Sultan Adam. Jadi tidak heran kalau kota ini dijuluki kota intan karena batu mulia tersebut telah menjadi ciri khas Kota Martapura. Wisatawan pencinta batu perhiasan pun datang berkunjung dan berburu intan ke pusat transaksi intan yang sekaligus tempat penggosokan intan terkenal ini. Kompleks pertokoan di Pasar Intan Martapura menyediakan 87 toko intan yang dibagi dalam empat blok pasar. Sementara tempat parkirnya bisa menampung lebih dari 380 mobil. Tetapi tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir, kendaraan pengunjung yang sudah tidak muat lagi bisa dititipkan di parkiran Masjid Al Karomah yang berdekatan dengan pasar.


Penambangan intan merupakan sektor andalan dalam bidang perekonomian di Kalimantan Selatan, dimana daerah Banjarmasin adalah daerah yang paling kaya akan intan, khususnya di daerah Cempaka yang merupakan daerah yang paling banyak ditemukan intan. Bagi penduduk Desa Cempaka, mendulang intan merupakan mata pencaharian turun temurun. Para pendulang biasanya berkelompok-kelompok menggali lobang pada kedalaman sekitar 10-12 meter dengan menggunakan peralatan tradisional dan metode lama. Mereka bekerja keras mengadu nasib. Bahan galian tersebut selanjutnya dicuci untuk mencari sebutir Intan, terkadang pendulang menemukan pula Batu Akik dan Pasir Emas.

Cempaka adalah kawasan penambangan intan dan emas yang terletak 47 km dari Kota Banjarmasin dan 7 km dari Kota Banjarbaru. Di tempat ini pengunjung dapat melihat langsung bagaimana para pekerja mencari Intan atau Emas di lobang-lobang penuh galian dan penuh lumpur. Dari catatan sejarah di tambang ini pernah ditemukan intan terbesar seberat 20 karat ( dengan istilah warga setempat ) pada tahun 1846, rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 1850 dengan ditemukannya intan yang lebih besar lagi seberat 167,5 karat.

Batu Intan yang ditemukan kemudian dibawa ke Martapura untuk dibersihkan dan digosok, di jantung Kota Martapura banyak ditemukan rumah-rumah tempat penggosokan intan baik secara tradisional maupun modern yang terkenal adalah penggosokan Intan Tradisional, disini intan dan batu-batuan di bawa dan di gosok secara tradisional dengan berbagai macam bentuk. Pasar Intan Martapura berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Pada hari biasa, pasar ini bisa dikunjungi oleh sekitar 10.000 orang. Tapi pada akhir pekan atau hari libur nasional, Pasar Intan Martapura bisa dipadati hingga sekitar 20.000 pengunjung.

Di Martapura terdapat beragam jenis permata dari batu-batuan hasil pendulangan masyarakat setempat. Permata itu dari harga termurah atau Rp5.000 per biji sampai termahal mencapai jutaan rupiah seperti intan berlian. Bahkan untuk intan berlian per biji ada yang mencapai ratusan juta rupiah,Lokasi pasar yang disebut sentra penjualan batu permata tersebut yaitu pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura (CBSM) yang terdapat ratusan kios khusus menjual batu permata, sekaligus diramaikan ratusan lagi pedagang kali lima juga menjual batu permata tersebut. Batu intan yang diperjualbelikan di pasar ini sudah diolah dalam bentuk perhiasan. Harganya berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah, tergantung keunikan ataupun kelangkaan jenis batu intan. Peluang bisnis batu intan Martapura tidak hanya ada di kota ini. Intan yang dibeli seharga Rp 20.000 di Pasar Intan Martapura bisa dijual kembali dengan harga Rp 50.000 bahkan Rp 100.000 di pulau Jawa. Sungguh bisnis yang cukup menguntungkan. Murahnya harga batu intan di pasar ini tentu saja karena proses penggosokan batu intan masih dilakukan secara tradisional sehingga pesonanya kurang terpancar. Kelebihan berlian Martapura karena putih bening dan bersih, sehingga berkilau atau bersinar kalau digunakan sebagai batu perhiasan, berliannya lebih bening ketimbang berlian dari luar negeri yang biasanya warnanya agak kecoklatan atau warna “cocacola”, atau ada bercak hitam yang disebut “batahi lalat”.

Pedagang dari Negara Lain Bukan hanya berlian yang dicari pendatang ke Martapura, tetapi juga aneka permata lain, seperti zamrud, yakut, merah delima, dan aneka batu permata lainnya.Masalahnya, Martapura selain memiliki perajin berlian juga ratusan perajin batu permata yang lain. Banyak pedagang batu permata dari berbagai negara lain, seperti dari India, Birma, Thailand, Singapura, Afrika Selatan, Malaysia, bahkan dari negara Eropa datang ke Martapura membawa bahan baku batu permata.

Bahan baku batu permata tersebut dijual oleh mereka ke perajin setempat, kemudian oleh perajin setempat diolah menjadi batu cincin, batu giwang, liontin, dan jenis batu permata lainnya.Oleh karena itu batu permata apa saja tersedia di CBSM Martapura ini, karena bahan baku yang datang dari berbagai penjuru. Berbagi jenis batu permata yang dibentuk menjadi perhiasan berupa gelang, kalung, cincin, hingga bros dan bentuk hisanan cendramata lainya dijual di kawasan pertokoan CBS ini.

Aneka batu-batuan yang menjadi perhiasan, antara lain akik, biduri bulan, topas, merah siam, merah daging, merah delima, cempaka, berlian, anggur, giok, intan, kuarsa, kecubung, mutiara, mata kucing, pirus, safir, yakut, zamrud, ruby,opal, spinel, bloodstone, tashmarine, quattro, dan alexandrite.

Batu permata lain yang juga terdapat di sini tetapi belum ada nama Indonesia seperti, chrysoberyl, chrysocolla, chrysoprase, hematite, jasper, kunszite, lapis lazuli, malachite, obsidian, olivine atau peridot, pyrite, tanzanite, tourmaline, dan zircon. Untuk menuju ke Martapura, pengunjung hanya memerlukan waktu setengah jam dari Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin. Sementara dari pusat kota Banjarmasin, pengunjung harus melakukan perjalanan yang memakan waktu hingga satu jam dengan menggunakan perjalanan darat.



Jenis – Jenis Batu Permata, Batu Mulia, Batu Setengah Mulia dan Batu Akik
Berikut ini jenis batu permata yang populer di Indonesia, dan memiliki nilai ekonomis

1. Batu Bacan

Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

2. Batu cincin Safir

Batu Safir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya

3. Batu Cincin Zamrud

Batu zamrudJenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.

4. Batu Cincin Ruby

Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian

5. Batu Topaz

Batu topaz / Blue Topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini. Seperti batu mulia lainnya, pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

6. Batu Opal (Kalimaya)

Batu kalimaya Opal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut. Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.

7. Batu Sungai Dareh

Batu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka. Harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

8. Batu Giok

Batu giokDi Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakanhgan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal. Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok

9. Batu Kecubung (Amethyst)

Batu akik jenis kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.

10. Batu Lavender

Batu lavender baturajaDalam sebuah kontes nasional yang pernah diadakan beberapa waktu lalu, Jenis batu lavender spritus baturaja masuk dalam kategori batu terbaik dan berhasil memenangkan kontes, sehingga batu ini menjadi buruan banyak kolektor. Harga batu lavender yang berhasil memenagkan kontes ditawar Rp. 175 juta namun sang pemilik belum melepasnya. Sejak saat itu batu yang banyak ditemukan di wilayah Simpang dan Segara Kembang Kecamatan Lengkiti Oku Sumatera selatan itu menjadi incaran banyak kolektor dan masuk dalam jajaran batu terpopuler baik di Indonesia maupun di pasaran internasional. Selain batu yang telah disebutkan, sebenarnya masih banyak batu cincin terkenal dan termahal jenis lain yang saat ini tengah populer di Indonesia termasuk batu giok aceh atau lebih dikenal dengan sebutan Batu Lumut Aceh, batu obi, labrador atau jenis lain


Di Mulai Dari Bukan Saja Mitos Batu Akik Serta Khasiatnya

Inilah  Jenis Batu Akik Dan Khasiatnya,  sepertinya untuk pecinta barang antik, jenis batu akik bukan lagi hal yang baru karena sejak dahulu batu akik ini banyak diburu oleh para pecinta batu-batuan ini. Jika kita mencoba memahami hobi yang satu ini, terdapat keunikan tersendiri di dalamnya. Batu akik yang biasa kita ketahui menjadi penghias cincin bagi para pria, ternyata memiliki jenis masing-masing yang juga menyimpan khasiat di dalamnya.
Percaya tidak percaya, jenis batu akik berikut ini banyak diminati oleh para penggemarnya karena bentuknya yang indah dan tentu saja karena khasiat di dalamnya. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.
Jenis Batu Akik Berbagai jenis batu akik yang kita temui sekarang ini merupakan batuan yang berasal dari mikro kristal kuarsa dengan tingkat kehalusan dan kecerahan warnanya yang berbeda. Dalam perkembangannya, batu akik di Indonesia menyimpan banyak makna, seperti pengasihan, menunjukkan pesona asmara, rasa tentram bahkan membawa kewibawaan dan karisma pemakainya. Berikut ini 8 jenis batu akik yang banyak di Indonesia :

1. Batu Mirah Delima

Batu mirah delima merupakan batu akik yang banyak dicari orang karena selain indah dan mewah penampakannya batu ini juga dipercaya bisa mengobati orang yang terkena racun dan menghilangkan penyakit mistis seperti guna-guna dan juga untuk menarik simpati.
Karena itulah tidak sedikit pecinta batu akik rela mengeluarkan kocek yang merogoh kantong dalam hanya untuk berburu mendapatkan batu jenis ini

 2. Batu kecubung

Jenis batu akik kecubung ini banyak disukai pria karena memudahkan pergaulan yang dapat membangun relasi. Kecubung rambut dianggap meningkatkan gairah hidup untuk pria karena memperluas pergaulan.

3. Batu giok

Sepertinya banyak yang sering mendengar nama batu ini namun tidak mengetahui jika batu ini termasuk ke dalam jenis batu akik. Batu giok dikenal berasal dari daratan Cina dan biasanya berwarna Hijau. Batu giok dipercaya membuat hati bertambah tenang, tenteram dan juga banyak digunakan sebagai obat untuk penderita ginjal dan rematik.

4. Batu Amber

Batu akik amber banyak diburu oleh orang meskipun harganya bisa dibilang mahal. Hal ini dikarenakan khasiat batu amber mampu memancarkan karisma sehingga memiliki daya tarik yang kuat.

5. Batu intan

Batuan yang indah tidak hanya memberikan keindahan saja namun juga bisa meningkatkan rasa percaya diri si pemakai. Batu akik intan memberikan ketenangan batin dan menambah semangat hidup. Batunya yang biasanya berwarna putih jernih dan berkilauan memancarkan ketenangan.

6. Onix hitam

Batu akik ini menjadi salah satu jenis batu akik banyak yang digunakan para pebisnis karena khasiat batu onix hitam dianggap mampu memberikan perlindungan bisnis pada cincin tersebut.

7. Zamrud

Batu zamrud sering digunakan orang untuk mendatangkan kesejukan batin ketika sedang berada pada kesulitan dan kemudian menyejukkan dan mendatangkan ketenangan dalam hidup.

8. Pirus

Batu Pirus, Batu Permata Nan Indah dan Bertuah
Benda bertuah sejak ribuan tahun silam telah menjadi sumber daya tarik bagi manusia. Batu Pirus, sebuah nama yang tak asing di telinga masyarakat pada umumnya dan para penggemar batu permata maupun batu bertuah pada khususnya, baik di Indonesia maupun di segala penjuru jagad raya ini. Batu Pirus adalah salah satu batu yang unik , selain masuk dalam kategori batu permata karena keindahan warna dan urat-uratnya, batu pirus juga masuk dalam kategori batu bertuah. Khasiat atau tuah batu pirus telah tertulis di beberapa kitab suci maupun kitab-kitab hikmah, sehingg tidak mengherankan jika batu pirus ini banyak diincar dan diburu para pecinta batu di jagad raya ini.Sudah sejak ribuan tahun yang silam, masalah atau kendala hidup adalah merupakan gangguan dalam kehidupan yang sangat mencemaskan. Karena dianggap sebagai suatu gejala yang akan memporak-porakan kehidupan seseorang, maka sejak itu pulalah manusia berusaha mencari jalan keluarnya sebagai upaya untuk mengatasi berbagai masalah tantangan atau kendala yang ada yaitu dengan menggunakan kekuatan Spiritual dan Supranatural dengan sarana Ilmu Ghaib atau Benda Bertuah yang bernuansa Magis seperti batu pirus. Para pecinta bebatuan sangat mengenal betul urat-urat atau garis yang berada di batu pirus tersebut, biasanya para kalangan pencinta batu bertuah menamakannya yaitu urat emas, terkadang ada yang menamakan garis pirus daun. Namun dalam hal urat garis yang terlihat pada bebatuan Pirus ada yang istimewa dalam garis-garis pada batu pirus tersebut yaitu garis-garis pirus yang berwarna merah, konon garis yang berwarna merah itu mempunyai harga yang sangat mahal, hal ini dikarenakan garis merah yang berada di batu itu dianggap sakral. Batu Permata atau Batu cincin atau biasa disebut batu akik atau juga sering disebut dengan batu giok, kini banyak diminati oleh masyarakat diberbagai penjuru indonesia, dari anak muda hingga yang tua saat ini berburu batu unik yang bisa dijadikan cincin. Cincin ini dipakai sebagai bentuk aksesori pada daerah jari tangan, setiap batu akik yang digunakan tentunya mempunyai jenis jenis tersendiri dan mempunyai rate harga berbeda-beda pula. Batu akik atau batu cincin tergolong dalam aksesori, dan tergolong barang mewah apalagi dengan batu cincin yang harganya sangat menjulam tinggi, ada Batu Cincin Termahal yang harganya sampai puluhan juta.. waw ini sangat spektakuler sekali tentunya , diibaratkan hanya sebuah cincin tetapi harganya begitu mahal, tetapi untuk kelas menengah kebawah juga jangan kawatir karena masih ada banyak jenis batu cincin yang harganya bisa disesuaikan dengan isi dompet kok.

Berikut ini adalah batu akik atau batu mulia dan setengah mulia  yang paling mahal harganya, Batu Akik Termahal :

Batu Permata Blue Safir

Batu Cincin Akik Termahal Indonesia dan Dunia

Batu Cincin yang pertama adalah Blue safir, tentunya batu ini memiliki aneka ragam jenis, tetapi untuk yang termahal harganya dipatok sekitar 90.000.000 atau 90 juta’an, anda sangat menginginkan batu akik ini ?



BATU PERMATA PIGEON BLOOD RUBY

Jenis Batu Cincin Akik Termahal Indonesia dan Dunia

Untuk mendapatkan batu dengan warna merah yang elegan ini anda paling tidak harus merogoh kocek anda sekitar Rp 37.000.000, atau 37juta rupiah, dan jelas harga ini bisa berumah ubah sesuai dengan kondisi batu cincin nya

 BATU PERMATA STAR RUBY TANZANIA

Tidak jauh beda dengan harga diatas , untuk batu cincin yang satu ini anda harus merogoh kocek sekitar 32 juta’an untuk dapat melingkarkan cincin ini di jemari anda.

 BATU PERMATA SUPER GIANT GREEN FLUORITE

Tidak jauh beda pula dengan batu akik yang ini, harganya hampir menyerupai diatas, jadi sekitar 30 juta’an untuk menikmati keindahan batu hijau yang bening ini.

 BATU PERMATA SPARKLING LONDON BLUE TOPAS

Batu cincin yang satu ini, harganya lumayan terjangkau.. bagi anda yang sangat menginginkannya cukup mengeluarkan uang sekitar 12 juta’an saja, sesuai lah dengan kualitasnya.

SUPER GREEN CHALCEDONY

Batu cincin hijau yang halus dan bening ini dipatok seharga 8juta’an saja, bagi yang menginginkannya mungkin ini salah satu batu yang harganya terjangkau.
Batu Cincin Termahal

BATU PERMATA GREEN SAFIR

Nah ini ada yang sedikit lebih murah lagi dengan harga 6 juta’an saja, dengan merogoh kocek segitu anda bisa membawa batu cincin yang elegan dan garang ini.

 NATURAL PURPLISH PINK STAR SAFIR SRILANKA

Untuk yang terakhir, harganya tak jauh beda.. batu cincin asal srilanka ini dipatok sekisar 9 jtua’an bisa kurang bisa lebih, sesuai dengan kualitas batu yang digunakannya.

Batu cincin lokal juga banyak yang masuk kategori batu cincin yang mahal loh , diantaranya

Batu Cincin Bacan

Untuk batu cincin jenis ini harga yang dipatok dari jutaan, hingga belasan dan puluhan juta, tetapi untuk batu bacan yang berkualitas biasanya dihargai seharga 18Juta’an. Batu bacan juga terdapat dua jenis yaitu Batu Bacan Doko dan Palamea, bisa baca selengkapnya disini (Baca : Batu Bacan)


Batu Cincin Kalimaya

Batu yang indah ini dengan warna putih dan berbagai macam corak warna warni batu yang ada didalam batu cincin ini, menjadikan batu kalimaya sangat dikenal unik, harganya juga lumayan mahal loh, harga dari sekitar 5juta’an hingga 20 juta’an , tergantung kualitas batu.



Batu Cincin Bungur Tanjung Bintang

Dan tak kalah menariknya, batu yang satu ini baru baru ini banyak dibicarakan dikalangan masyarakat, dengan warna ungu yang sangat menarik , membuat batu ini banyak diminati dikalangan mansyarakat, harganya juga sudah mulai sedikit mahal, tetapi untuk batu ini masih bisa dijangkau, harnganya dimulai dari 1juta – 12juta’an. Batu ini berasal dari daerah Lampung, lebih tepatnya di desa tanjung bintang, dahulu batu ini tidak begitu banyak yang mengenal dan menyukainya tetapi sekarang sudah sangat dikenal dan harganya mulai beranjak naik dari hari kehari.

Batu Panca Warna

Batu panca warna terkenal akan keunikan pada warnanya, walaupun batu ini tergolong dalam batu dengan warna yang padat atau tidak tembus cahaya, tetapi baru baru ini ada yang menemukan batu panca warna dengan gambar-gambar yang unik, ada gambar seperti nyi roro kidul dan ada gambar-gambar lainnya.
Gambar – gambar yang tercipta pada batu inilah yang membuat batu ini memiliki harga yang cukup mahal, ada yang menawarnya dari Rp 20 – 60 juta’an loh netizen, spektakuler sekali ya.


Cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu. Batu mata kucing adalah salah satu jenis batu yang bernilai ekonomis tinggi selain batu kecubung batu permata dan lainnya. Banyak kalangan kolektor serta orang biasa ingin memiliki batu mata kucing karena memang batu tersebut memiliki pola seperti mata kucing. Pola ini terbentuk secara alami, proses terlihatnya mata kucing pada batu tersebut tergantung proses pemotongan batu tersebut serta proses pengasahan batu. Kalau proses tersebut sempurna maka tekstur mata kucing akan terlihat pada batu tersebut. Karena nilai ekonomisnya yang tinggi banyak batu mata kucing palsu.

Batu Mata Kucing Asli

Berikut ini cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu agar koleksi batu mata kucing anda tidak sia-sia.

 1  Amati Pola Mata Kucing

Yang pertama cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu dengan melihat pola gambar pada batu mata kucing . Amati dan cermati pola gambar yang ada pada batu tersebut gunakan alat kaca pembesar atau agar gambar semakin jelas terlihat. Sebelumnya anda harus tahu pola gambar mata kucing yang asli dan palsu terlebih dahulu guna untuk membedakan bentuk gambar yang asli dan palsu pada batu mata kucing.

 2  Cermati Serat Inklusinya
Setiap batu berharga pasti mempunyai serat inklusi yang hanya bisa timbul secara alamiah dan inilah cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu. Batu mata kucing buatan serat inklusinya pasti akan berbeda dengan yang asli. Sehingga sebelum anda membeli batu mata kucing harusnya anda melihat serat inklusi yang ada di batu milik teman anda kerabat atau saudara. Kemudian bandingkan dengan batu mata kucing yang akan anda beli apakah serat inklusi berbeda atau tidak.

 3  Uji Lab
Cara membedakan kucing asli dan palsu yang paling akurat yaitu uji laboratorium gemologi. Dengan uji ini bisa dipastikan keaslian batu mata anda atau yang akan anda beli bisa terjamin. Karena batu permata sintetis sulit dibedakan dengan aslinya dengan kasat mata karena serat inklusi yang ada dalam batu tersebut sangat kecil. Tetapi dengan uji laboratorium semuanya akan terjawab secara akurat.

Cara membedakan batu bacan asli dan palsu tak ada salahnya anda ketahui karena banyak sekali penjual batu mulia imitasi yang memilih batu bacan sebagai produk imitasinya. Andapun tak usah heran jika banyak orang yang memalsukan batu bacan karena keberadaannya yang sudah mulai langka, membuat banyak orang rela membayar mahal untuk mendapatkan batu mulia yang diidam-idamkannya. Tetapi, ingat jangan gampang terkecoh, agar anda tidak gampang terkena penipuan.

Batu bacan ini tidak hanya satu jenis, setidaknya ada 3 jenis batu bacan yang banyak beredar di Indonesia, ada batu bacan doko, batu bacan palamea, dan batu bacan obi. Untuk batu bacan doko biasanya identik dengan warna biru. Batu bacan palamea, batu mulia ini menawarkan warna hijau, dan batu terakhir, batu bacan obi biasanya berwarna merah. Harga batu tersebut bervariasi, tergantung ukuran dan kualitasnya sehingga cara membedakan batu bacan asli dan palsu sangat perlu untuk anda ketahui supaya uang anda tidak melayang hanya gara-gara membeli batu bacan bajakan.

Cara membedakan batu bacan asli dan palsu dengan cara dibakar:

 1  Anda bisa membakar permukaan batu bacan
Biasanya, setelah dibakar, batu akan mengeluarkan minyak. Batu bacan asli minyaknya akan hilang setelah dilap dan warna batu akan kembali seperti semula.

 2  Berbeda, dengan batu bacan tiruan
Memang, batu bacan tersebut juga akan mengeluarkan minyak. Tetapi setelah anda mengelap batu tersebut, permukaan batu akan terlihat lebih kusam dan meninggalkan bekas bakaran pada batu bacannya.

Tentunya, masih ada cara membedakan batu bacan asli dan palsu yang lainnya. Inilah beberapa cara membedakan batu bacan asli dan tiruan dengan mudah:

 1  Menyinari batu bacan
Batu bacan asli akan tampak serat-seratnya jika anda menaruhnya ditempat yang terang. Sedangkan yang tiruan, tidak.

 2  Menggores batu bacan ke kaca
Batu asli akan meninggalkan bekas warna pada kaca, sedangkan batu bacan tiruan tidak.

 3  Batu Berubah Warna
Batu bacan yang asli akan berubah-ubah warna seiring waktu, dari bintik hitam, hijau bening dan akhirnya batu bacan akan bening seperti air. Biasanya, batu bacan bening tersebut bernilai tinggi

Cara membedakan batu kalimaya banten asli dan palsu pastilah perlu anda ketahui karena batu kalimaya ini terbilang langka. Batu kalimaya yang sering disebut dengan batu opal ini sebenarnya banyak di wilayah banten, tetapi untuk batu mulia yang karatnya tinggi jarang ditemukan di Indonesia karena batu opal yang karatnya tinggi biasanya berasal dari Australia. Namun, banyak juga penjual batu mulia yang menjual batu kalimaya tiruan yang lebih sering disebut dengan dublet. Tujuannya tentunya adalah untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

Fisik batu kalimaya banten atau batu opal memang sangat cantik. Tak heran, jika banyak kolektor yang tertarik menjadikan batu mulia ini sebagai salah satu koleksi favoritnya. Warna batu opal ini sebenarnya adalah putih bersinar tetapi ada warna-warna lain yang terpancar dari dalamnya sehingga tampak seperti pelangi. Untuk harganya, berkisar dari 50 ribu sampai 200 ribuan. Jadi, bagi anda yang memang ingin mendapatkan batu kalimaya yang asli, perhatikan betul cara membedakan batu kalimaya banten asli dan palsu agar anda tidak tertipu.
Cara Membedakan Batu Akik Kalimaya Banten Asli dan Palsu
Batu Kalimaya Banten Asli
Ilustrasi Batu Kalimaya Banten Asli
Sebelum anda mengetahui cara membedakan batu akik kalimaya banten asli dan palsu, tak ada salahnya anda menilik kegunaan batu mulia opal ini. Pastilah banyak orang yang penasaran buka? Manfaat batu kalimaya ini antara lain; sering digunakan untuk batu sihir, menambah daya tarik, khususnya bagi wanita, menyestabilkan emosi, menyembuhkan penyakit mata, dan ada juga yang mengatakan bisa membuat rambut tetap pirang. Cukup unik ya manfaatnya, tak heran jika banyak orang yang menginginkan batu ini.
Berikut ini cara membedakan batu kalimaya banten asli dan palsu:

 1  Melihat warna batu
Batu kalimaya yang asli cenderung berwarna putih dan bersinar. Batu memang memancarkan berbagai macam warna dari dalam batu, tetapi warna tersebut tidaklah mencolok. Berbeda dengan batu kalimaya tiruan. Warnanya memang putih, tetapi dalam batu cenderung gelap dan warna yang dipancarkan dari dalam juga lebih mencolok.

 2  Menempelkan batu ke pipi
Bila terasa dingin, berarti batu tersebut asli.

 3  Membakar permukaannya
Jika batu kalimaya tetap tidak ada perubahan, batu opak tersebut dijamin asli.



Gems Stone Meter - Alat Penguji Batu Akik Portable Murah

alat untuk memeriksa keaslian batu berlian asli dan cocok di miliki oleh pemilik toko perhiasan dan toko berlian, atau bagi anda kolektor batu batu mulia
anda seorang pecinta kolektor batu akik, berlian, ruby dan batu batu mulia lainya, yakin batu yang anda miliki asli dan berkualitas, gunakan alat ini untuk memerikasa keaslian batu yang anda miliki. banyaknya penipuan dan batu mulia , batu akik palsu yang di jual di pasaran terkadang membuat kita sebagai seorang pembeli merasa khawatir.. namun, jika anda punya alat ini, rasa khawatir ini akan sangat berkurang.. gunakan alat tester yang satu ini, cara penggunaanya pun cukup mudah, anda hanya perlu menekan tombol ON, dan tempelkan bagian berbentuk lancip pada alat ini pada batu yang ingin anda test, dan lampu indikator kualitas akan menyala.. jika anda lampu indikator menyala sampai melebihi angaka 8 penuh, ini menandakan batu anda benar benar berlian asli..
gunakan alat ini untuk mengetahui apakah batu berlian di perhiasan anda benar benar asli..
standar lampu :
lampu indikator di angka 8 menandakan berlian asli, ( lampu hijau )
lampu indikator di angka 6 menandakan batu akik yang berkualitas. dan selanjutnya, silahkan anda coba pada batu batu mulia yang anda miliki, mungkin saja batu akik cincin anda ada yang asli dan berkualitas bagai berlian, atau bisa juga anda gunakan ketika anda mencari batu di alam, mungkin saja anda beruntung menemukan berlian dan bisa kaya mendadak,…. semoga sukses dalam berwirausaha….
untuk fitur, silahkan anda baca di bawah ini
Product Feature:
Easy to use even for a new beginner
Emit audible sounds to give accurate reading
Diamond indicator will be showed if the stone is a REAL diamond (Green light)
Metal alert (continuous buzzing sound when user accidentally touches metal rather than stone )
Large / small switch for testing diamonds +/ – 8 points
To emit sounds to give accurate reading
LCD display & LED indicator
If stone is Fake crystal, a simulant such as cubic zirconium ( CZ ), will be no reaction
Dimension: 16.5 x 4.2 x 2.2cm
Powered by DC 9V battery x 1 ( included )
Weight: 155g(including battery)
cara memeriksa keaslian batu akik



alat-tes-batu-akik-1alat-tes-batu-akikalat-tes-berlian-1


alat untuk memeriksa keaslian batu berlian asli dan cocok di miliki oleh pemilik toko perhiasan dan toko berlian, atau bagi anda kolektor batu batu mulia
anda seorang pecinta kolektor batu akik, berlian, ruby dan batu batu mulia lainya, yakin batu yang anda miliki asli dan berkualitas, gunakan alat ini untuk memerikasa keaslian batu yang anda miliki. banyaknya penipuan dan batu mulia , batu akik palsu yang di jual di pasaran terkadang membuat kita sebagai seorang pembeli merasa khawatir.. namun, jika anda punya alat ini, rasa khawatir ini akan sangat berkurang.. gunakan alat tester yang satu ini, cara penggunaanya pun cukup mudah, anda hanya perlu menekan tombol ON, dan tempelkan bagian berbentuk lancip pada alat ini pada batu yang ingin anda test, dan lampu indikator kualitas akan menyala.. jika anda lampu indikator menyala sampai melebihi angaka 8 penuh, ini menandakan batu anda benar benar berlian asli..
gunakan alat ini untuk mengetahui apakah batu berlian di perhiasan anda benar benar asli..
standar lampu :
lampu indikator di angka 8 menandakan berlian asli, ( lampu hijau )
lampu indikator di angka 6 menandakan batu akik yang berkualitas. dan selanjutnya, silahkan anda coba pada batu batu mulia yang anda miliki, mungkin saja batu akik cincin anda ada yang asli dan berkualitas bagai berlian, atau bisa juga anda gunakan ketika anda mencari batu di alam, mungkin saja anda beruntung menemukan berlian dan bisa kaya mendadak,…. semoga sukses dalam berwirausaha….
untuk fitur, silahkan anda baca di bawah ini
Product Feature:
Easy to use even for a new beginner
Emit audible sounds to give accurate reading
Diamond indicator will be showed if the stone is a REAL diamond (Green light)
Metal alert (continuous buzzing sound when user accidentally touches metal rather than stone )
Large / small switch for testing diamonds +/ – 8 points
To emit sounds to give accurate reading
LCD display & LED indicator
If stone is Fake crystal, a simulant such as cubic zirconium ( CZ ), will be no reaction
Dimension: 16.5 x 4.2 x 2.2cm
Powered by DC 9V battery x 1 ( included )
Weight: 155g(including battery)

Daftar Harga Pasaran Batu Akik :
 --- > AKSES LANGSUNG KE PENJUALNYA KLIK DI SINI <----


Key word :

Akik Termahal
Tips Mengenal Batu
Harga Batu Akik
Jenis Batu Akik
Manfaat Batu Akik
Akik Terkecil di dunia
Akik Terbesar di dunia
Akik Termahal di Dunia
Akik Terunik di Dunia
Alat Penguji Batu Akik





Sebelum Anda Menutup Halaman ini, bergabunglah dengan Komunitas kami di Fans Page Potongan Harga  untuk mendapatkan informasi Promo Sample Gratisan dan Promo Event Diskon Besar - Besaran dari para Produsen yang Telah kami Rangkum Untuk Anda !
 ---> silahkan klik tombol Like atau share di samping ini -->




SEKILAS INFO PROMO GRATISAN


http://goo.gl/ctFNpk

Mau Pempers Gratis Premium Care New Born isi 13 Gratis ?  Tersedia 40 Ribu Paket Sample Gratis Isi 13 Pcs untuk Anda !


Good Luck!

Cek Info Promo Berikutnya Di --> Sini





http://ho.lazada.co.id/SH4FaE

* Solusi Belanja Murah Hemat Uang Belanja !!! Silahkan Klik Bannernya dan Dapatkan Diskonnya.



0 komentar:

Post a Comment